Penelitian Kualitatif: Pengertian, Jenis dan Contoh Proposal

Penelitian kualitatif adalah salah satu jenis penelitian yang dapat digunakan untuk meneliti sebuah fenomena tertentu. Metode penelitian ini dapat digunakan dalam berbagai aspek seperti sosial, keuangan, atau pendidikan.

Jadi, halaman ini akan memberikan penjelasan lebih dalam tentang konsep dasar penelitian kualitatif. Beberapa hal yang akan Anda dapatkan disini seperti memahami tentang penelitian kualitatif, jenis-jenisnya, hingga langkah-langkah menerapkannya. Mari kita mulai.

Apa Itu Penelitian Kualitatif?

Pertama, kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang penelitian kualitatif itu. Sederhananya, metode penelitian kualitatif adalah penelitian ilmiah yang berfokus pada pemahaman mendalam mengenai makna dan konteks suatu fenomena atau peristiwa dalam kehidupan manusia.

Ardiasyah1 mengungkapkan bahwa penelitian kualitatif melibatkan pengumpulan data deskriptif, seperti pendapat, pandangan, dan perilaku, serta menganalisisnya secara mendalam. Beberapa teknik pengumpulan data yang umum digunakan dalam penelitian kualitatif antara lain wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Berbeda dengan penelitian kuantitatif yang menggunakan data berupa angka dan statistik untuk menghasilkan generalisasi, penelitian kualitatif lebih bersifat deskriptif dan interpretatif. Metode ini sering digunakan untuk mengeksplorasi pertanyaan penelitian yang kompleks, memahami pengalaman hidup manusia, atau menggali pemahaman mendalam mengenai suatu masalah atau fenomena.

Jenis Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif memiliki beberapa jenis, yang tentunya berbagai jenis ini dapat dijadikan pilihan untuk diterapkan sesuai dengan kondisi masalah dalam penelitian yang direncanakan. Mari kita lihat beberapa jenis dari kualitatif.

Studi Kasus

Studi kasus merupakan bagian dari kualitatif yang bertujuan untuk memeriksa satu atau beberapa kasus secara mendalam untuk memahami konteks, proses, dan karakteristik spesifik dari kasus tertentu.

Secara umum, jenis studi kasus ini cenderung mengarah pada analisis kasus-kasus. Sehingga, ia dapat digunakan dalam berbagai aspek seperti pendidikan, atau sosial.

Studi Kepustakaan

Studi kepustakaan adalah bagian dari penelitian kualitatif yang mana dilakukan dengan cara menyelidiki dan meninjau literatur-literatur yang relevan untuk suatu topik tertentu.

Tujuannya adalah untuk menyusun, mengevaluasi, dan mensintesis berbagai sumber tulisan yang telah ada mengenai topik penelitian tersebut. Jadi, jenis penelitian ini cenderung lebih dominan untuk menganalisis teori-teori.

Etnografi

Jenis penelitian kualitatif lainnya yaitu Etnografi. Jenis ini melibatkan pengamatan partisipatif di lapangan untuk memahami budaya dan perilaku kelompok manusia tertentu. Peneliti etnografi berusaha untuk terlibat dalam kehidupan sehari-hari subjek penelitian.

Contoh Proposal Penelitian Kualitatif Pendidikan

Untuk contoh proposal, cukup mudah ditemukan di internet. Anda dapat menemukan banyak hal disana sebagai bahan pertimbangan untuk merencanakan proposal Anda.

Hal yang perlu adalah membangun konsep untuk menulis proposal itu sendiri. Seperti yang dijelaskan pada halaman tentang Proposal Penelitian, bahwa proposal itu hanya sebatas pada pengajuan penelitian (bukan hasil penelitian). Itu artinya, peneliti belum melakukan penelitian dan tidak menampilkan hasil penelitian disana.

Tetapi, berikut ini adalah beberapa contoh proposal penelitian kualitatif pendidikan yang Saya temukan di internet, dan mungkin dapat menjadi sumber acuan Anda:

Untuk keberhasilan menciptakan proposal penelitian, mengaculah pada persyaratan yang ditetapkan oleh instansi tempat dimana Anda menyelesaikan studi. Itu karena struktur penulisan bahkan persoalan Bab dalam proposal, bisa jadi berbeda antara satu instansi dengan yang lainnya.

1Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Komentar