Dalam topik Strategi Pembelajaran, salah satu jenis strategi pembelajaran adalah pembelajaran kooperatif. Strategi ini dapat digunakan Guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Mari pelajari lebih jauh tentang pengertian, prinsip, serta jenis-jenisnya.
Pengertian Pembelajaran Kooperatif
Pembelajaran kooperatif adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang menekankan pada kerja sama dan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Pembelajaran kooperatif melibatkan siswa dalam mengidentifikasi masalah, mencari informasi yang diperlukan, dan menyusun kasus untuk memecahkan masalah tersebut.
Prinsip Pembelajaran Kooperatif
Prinsip pembelajaran kooperatif adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menekankan pada kerja sama dan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Beberapa prinsip pembelajaran kooperatif yang dapat diterapkan antara lain:
- Keterlibatan Siswa
Siswa harus terlibat aktif dalam proses pembelajaran, baik dalam diskusi kelompok, presentasi, atau kegiatan lainnya.
- Interaksi positif
Siswa harus saling mendukung dan memberikan umpan balik positif dalam proses pembelajaran.
- Peningkatan kemampuan sosial
Pembelajaran kooperatif juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial siswa, seperti kemampuan berkomunikasi, bekerja sama, dan memecahkan masalah bersama.
Dengan menerapkan prinsip pembelajaran kooperatif, diharapkan siswa dapat lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan mereka dalam memecahkan masalah dan mencapai tujuan pembelajaran.
Jenis Pembelajaran Kooperatif
Pembelajaran Kooperatif memiliki beberapa jenis, yang tertuang dalam tabel berikut ini:
Jenis | Keterangan |
---|---|
Jigsaw | Salah satu pendekatan pembelajaran kooperatif yang dikembangkan oleh ahli psikologi sosial, Elliot Aronson |
STAD (Student Team Achievement Division) | Metode pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan kolaboratif dan keterampilan pemecahan masalah |
TGT (Team game Tournament) | Metode pembelajaran kooperatif yang dikembangkan oleh Robert Slavin |
GI (Group Investigation) | Membelajaran kooperatif yang dirancang untuk membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan kolaboratif, keterampilan pemecahan masalah, dan keterampilan komunikasi. |
NHT (Number Head Together) | Dirancang untuk membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan kolaboratif dan keterampilan pemecahan masalah matematika. |
TPS (Think Pair Share) | Dirancang untuk membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis, keterampilan komunikasi, dan keterampilan kolaboratif. |